Apple iTunes Tembus Rekor Jual 10 Miliar Lagu


VIVAnews – Kios musik online milik Apple Inc, iTunes.com, baru saja mengumumkan pencapaiannya terbarunya dalam hal penjualan lagu. Layanan musik online terbesar di Internet itu telah berhasil menjual 10 miliar lagu sejak diluncurkan Apple sembilan tahun silam.

Pencapaian penjualan itu sekaligus menorehkan rekor baru bagi iTunes.com sebagai penjaja musik online dengan penjualan terbesar di ranah musik online.

iTunes, yang sebelumnya hanya menjajakan konten lagu bagi pengguna produk Apple, merupakan kios pertama yang menjual lagu secara legal (proprietary). Biasanya, untuk satu konten lagu, calon pembeli harus merogoh kocek senilai US$ 0,99 (setara Rp 9.200).

Meski sempat pesimis karena terlalu derasnya arus pembajakan musik di Internet, iTunes.com kini semakin berkibar. Terlebih lagi, kompatibilitasnya kini diperluas ke pengguna produk non-Apple, seperti mendukung sistem operasi Microsoft Windows (XP SP2, SP3, dan Windows 7), yang mana saat ini menguasai pangsa terbesar di dunia.

Bahkan untuk memikat segmen yang lebih luas, iTunes.com juga menjajakan video musik, acara televisi, aplikasi, game iPod, audiobook, podcast, rental film panjang, sampai ringtone. Menurut data terakhir, terdapat 100 ribu jenis aplikasi yang dijual di sana, mencakup video, aplikasi, dan games. Melalui iTunes, telah diunduh sebanyak tiga miliar aplikasi.

“Tahun lalu, baru sekitar 500 juta aplikasi yang diunduh. Pencapaian ini sungguh menakjubkan,” sebut Apple pada keterangannya, 25 Februari 2010.

Tak heran, jika mengetahui Apple sangat agresif mengembangkan layanan musik online-nya tersebut belakangan ini. Dua bulan lalu, perusahaan asal Cupertino ini mengakuisisi penjaja musik retail Lala.com, kios yang menyuguhkan layanan streaming sejumlah lagu digital dengan kocek cukup murah, 10 sen saja atau setara Rp 950 sebagai apresiasi hak cipta.

Sumber: Vivanews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Link Sahabat

  • %d blogger menyukai ini: