Social Engineering : Jurus Selly Memperdaya Korbannya


Senjata dan musuh yang paling berbahaya bagi manusia adalah manusia itu  sendiri, lalu apakah sebenarnya social engineering itu ? Secara leterlux artinya adalah Kemampuan sesorang untuk menipu/memanipulasi manusia lain. tujuannya jelas untuk mendapatkan sesuatu yang di  inginkannya.

Social Engineering tidak hanya tujuannya untuk uang, harta benda saja, informasi,kekuasaan juga termasuk di dalamnya, syarat minimum yang di perlukan untuk penyerangan social engineering adalah pemahaman akan kondisi psikologis targetnya termasuk sifat dasar dan kelemahan manusia.

Contoh yang paling sederhana adalah money politik atau membeli suara, dan yang cukup nyata adalah pada kasus Selly Yustiawati pada jaringan jejaring social (facebook), para pengamat ahli mengangap Selly Mempunyai kemampuan Hipnosis ,Hipnosis adalah bukan magic,tetapi kemampuan  memasukan pengaruh pada pikiran bawah sadar manusia, orang orang IT menyebutnya Selly  mempunyai kemampuan Social Engineering yang cukup baik dan cerdas.

Apa sebenarnya yang di lakukan Selly dengan teknik social enginering ?

Mengumpulkan berbagai informasi dari orang lain dapat berupa apa saja, seperti informasi id YM, no hp, dan informasi lainya, hal ini sangat mudah di temukan pada situs situs jejaring social, informasi bersifat terbuka. Apakah anda menyadari informasi yang anda masukan pada situs jejaring social merupakan sesuatu yang berharga sekali bagi penyerang/orang lain ?

Beberapa sifat dasar manusia yang mendukung terjadinya social engineering dan yang perlu anda ketahui :

1. Timbal Balik
Sifat timbal balik merupakan sifat manusia yang dapat di eksploitasi, tidak hanya kepentingan social engineering saja, namun kepentingan marketing pun mengunakan parameter ini. Manusia sering merasa tidak enak kalo di beri sesuatu, contoh konkrit adalah apabila anda di beri produk/free sample katakanlah seperti rokok yang di bawa oleh SPG cantik,namun akhirnya anda mau membeli produk tersebut, hanya karena rasa timbal balik walau tdk sepenuhnya berhasil namun prosentase keberhasilan juga cukup baik.

2. Konsistensi
Sikap dan respon manusia terhadap beberapa kejadian yang di alaminya terkadang konsisten dari manusia yang satu dengan yang lainnya. Misalnya ketika anda mengajukan pertanyaan melalui Yahoo Messenger/Chat Facebook/Handphone dan kemudian menunggu jawabannya, kebanyakan dari sifat orang adalah “merasakan kalau dirinya sedang di tunggu jawabannya”. Sifat yang mudah di tebak seperti ini yang dapat di gunakan oleh seseorang mengexploitasi target dengan mudah.

3. Validasi Sosial
Sifat validasi sosial merupakan sifat meniru perbuatan seseorang yang dilakukan secara refleks, yang di sebabkan oleh rasa keingintahuan yang besar. Contoh yang sederhana adalah apabila kita sedang bergurau dengan teman kita atau sedang menonton acara Bukan EMpat Mata atau Opera Van Java, tularan tertawa, apabila anda tertawa atau membuat lelucon, teman anda juga akan ikut tertawa pula.

4. Kesukaan
Kebanyakan dari kita mengatakan kata “Ya” terhadap apa yang kita sukai, betul tidak ? semisal kita suka dengan seseorang yang cantik, atau banyak lagi contohnya. Namun di sisi lain dengan kesukaan anda ini orang lain dapat mengexploitasi anda, yaitu anda memberikan umpan dengan apa yang anda sukai. Dengan sangat mudah anda akan memberikan berbagai informasi pribadi hanya karena anda di beri umpan dengan sesuatu yang anda sukai.
5. Otoritas
Hampir semua orang percaya bahwa jika misalnya seorang blogger kondang/terkenal yang mengeluarkan pendapat/berbicara, maka pastilah benar adanya dan dapat di percaya. Maka Blogger terkenal disebut pemegang “Otoritas”, sifat kita yang satu ini memang tidak bisa di salahkan, blogger blogger pemula akan percaya kepada ahlinya blog, namun lagi lagi sifat ini bisa di eksploitasi juga. Contoh sederhana tapi positif adalah, kecenderungan blogger pemula akan ramai dan memberi komentar pada blog milik blogger terkenal. Sifat ini adalah fakta bahwa bisa di eksplotasi, dengan tujuan marketing misalnya, anda dapat membeli sebuah ebook karya blogger terkenal. Benar bukan ?

6. Kelangkaan
Sifat manusia yang satu ini memang sangat menonjol apabila terjadi pada kita,  kelangkaan sesuatu akan mengakibatkan berbagai hal pada diri kita, dari hal yang negatif sampai hal yang positif. Semisal takut kekurangan/Kelangkaan Bahan Bakar saat kenaikan BBM, begitu banyak antri untuk mengisi kendaraannya.Dengan kekhawtiran dan ketakutan ini membuat manusia sangat mudah untuk di ekploitasi. Kita manusia akan melakukan apa saja untuk menutupi rasa khawatir terhadap kelangkaan sesuatu. Dari antri hingga mampu membeli bahan bakar dengan harga lebih mahal.

Begitu mudahkah anda untuk di exploitasi dengan kelemahan anda sendiri ?

Sumber: http://republikblogger.com/component/content/article/1-latest-news/364-social-engineering-buka-bukaan-kasus-selly.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Link Sahabat

  • %d blogger menyukai ini: