Pakai Nvidia? Jangan Install Driver Terbaru!


XFX GeForce GTX 280 (xfxforce.com)

Nvidia Corp. menyiarkan peringatan bahwa driver ForceWare terbaru mereka mengandung error yang bisa memunculkan masalah pada VGA. Salah satu contohnya adalah permasalahan pada kecepatan putar kipas pendingin.

Menurut laporan beberapa media, error pada driver ini bisa merusak, atau bahkan menggosongkan beberapa model kartu grafis tertentu.

“Kami memahami bahwa beberapa pengguna telah mengalami masalah kecepatan putar kipas akibat driver 196.75 WHQL driver yang diambil dari Nvidia.com,” sebut Nvidia pada pernyataannya, 12 Maret 2010. “Sampai kami dapat melakukan verifikasi dan mengatasi masalah ini, kami sarankan pengguna untuk tidak mendownload driver itu,” sebut Nvidia.

Nvidia juga meminta pengguna tetap memakai atau kembali ke driver ForceWare versi 196.21 WHQL.

Saat ini, driver versi 196.75 yang bermasalah tersebut sementara dihilangkan dari situs Nvidia. “Kami juga akan meminta seluruh partner kami menghapuskan driver tersebut dari situs mereka,” sebut Nvidia.

Bagi pengguna yang sudah terlanjur memasang driver terbaru, Nvidia juga membuatkan situs khusus yang menyediakan instruksi bagaimana melakukan downgrade ke driver versi lawas.

Menurut laporan dari sejumlah situs, driver ForceWare 196.75 bisa memperlambat atau bahkan mematikan kipas pendingin VGA. Hasilnya, VGA mulai menurunkan performa untuk membuat dirinya tetap dingin atau rusak akibat panas berlebih.

Sampai berita ini diturunkan, belum dapat diketahui berapa jumlah kartu grafis di seluruh dunia yang rusak akibat driver tersebut. Belum diketahui pula bagaimana Nvidia akan mengganti kerusakan dan bagaimana mereka membedakan kerusakan akibat driver tersebut atau akibat overclocking.

Sumber: VivaNews

4 Tanggapan

  1. wew

  2. klu terlanjur pkk driver 196.75 bagaimana? cz pc ane sekarang sering panas n mati-mati sendiri setelah update driver nvidia

    • coba aja pencet tombol di keyboard window + pause|break.
      maka akan muncul sytem propertise. klik tab hardware -> device manager. Cari driver VGA biasanya ada di display adapters klik aja tanda plus (+) supaya muncul VGA nya. kemudian klik kanan di VGA itu pilih propertise. Terus klik tab driver terus klik tombol roll back driver. semoga bermanfaat. (langkah tersebut saya lakukan di windows Xp)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Link Sahabat

  • %d blogger menyukai ini: