kirim pesan pribadi ke koproller lain?


Itu salah satu fitur yang disediakan pula oleh tim pengembang koprol, yakni mengirim pesan pribadi ke koprollers lain. Pesan pribadi ini bisa ditujukan ke satu kops (istilah selain koprollers), atau ke banyak kops, dan hanya mereka-mereka saja yang sudah ditentukan yang bisa membaca dan memberikan komentar di pesan tersebut.

Untuk mengirimkan pesan ke seorang kops lain atau disebut dengan Direct Message (DM). Caranya, ketik:

to:username pesan

Contoh:

to:sikodok kapan kopdarnya lagi?

Maka posting-an ini hanya bisa dibaca oleh si pengirim dan penerima saja.

Untuk mengirimkan pesan ke beberapa koprollers atau disebut dengan Entourage (Ent). Terlebih dahulu harus dibuatkan grup dari koprollers tersebut. Caranya:

Klik tulisan Friends yang ada di menu kiri atas.

Koprol.com akan menampilkan daftar seluruh teman kita. Klik tab Entourages.

Kemudian klik add new entourage.

Maka munculah form untuk membuat entourages baru.

Isi Entourage Name seusai dengan yang dikehendaki. Tidak boleh ada spasi atau simbol-simbol lainnya. Kemudian beri tanda tik pada koproller yang ingin dimasukkan ke dalam grup entourage tersebut.

Name entourage must be alphanumeric, i.e. [A-Z][a-z][0-9]

Satu hal yang perlu diperhatikan oleh tim pengembang koprol.com, semakin banyak teman kita maka semakin panjang ke bawah halaman add new entourage. Dan berarti semakin jauh tombol Save berada, karena posisinya berada setelah daftar teman kita ini. Berbeda dengan plurk yang sudah menyediakan fitur search untuk membuat anggota suatu grup seperti ini.

Setelah selesai memberikan nama entourage dan tanda tik di setiap koprollers yang ingin dimasukkan ke dalam grup ini, klik tombol Save. Kalau tidak ada kesalahan, khususnya dalam pemberian nama, maka akan muncul pernyataan bahwa entourage telah berhasil dibuat.

Untuk meng-edit entourage yang telah kita buat, klik saja nama entourage yang ingin kita edit, maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.

Lalu sekarang bagaimana cara penggunaan entourage? Kurang lebih mirip dengan penggunaan Direct Message, hanya kode awalnya saja diganti dari to: menjadi ent:

ent:entourage_name pesan

Contoh:

ent:members rencana kopdar berikutnya kapan?

Hal yang perlu diingat untuk mengirim Direct Message dan Entourage adalah tidak digunakannya tanda “@”. Selamat mencoba.

Dari mana kita mengetahui kalau prol tersebut adalah DM atau Ent?

Coba arahkan tetikus (mouse) ke prol tersebut, nanti di kanan atas prol tersebut akan muncul beberapa icon. Kalau bukan DM atau Ent, maka yang muncul hanya dua icon, yakni icon share to Facebook dan mute. Sedangkan kalau prol tersebut Ent, akan muncul icon dua orang, seperti yang tertera pada gambar di bawah ini. Kalau DM, icon-nya satu orang.

Selain itu, akan ada keterangan dapat dilihat oleh siapa saja prol tersebut.

Sumber: si-kodok.co.cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Link Sahabat

  • %d blogger menyukai ini: