Memulainya bagaimana ya?


Bingung nih baru pertama kali login, terus harus ngapain?

Kalimat di atas merupakan pertanyaan yang paling sering diutarakan oleh pengguna baru koprol.com. Sebenarnya sih tidak terlalu susah untuk “bermain” di koprol.com. Pada saat pertama kali login, pengguna baru tersebut juga sudah diberikan sedikit pedoman oleh tim pengembang koprol.com, seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Kita coba ikuti petunjuknya. Pertama, lakukan check in di lokasi tempat kita berada sekarang. Berhubung @sikodok berlokasi di Depok, mari kita check in di Depok. Ketikan nama lokasi yang kita inginkan, dalam kasus ini “Depok” (tanpa tanda kutip ya).

Setelah nama lokasi diketik klik tombol search, atau pilih dari beberapa suggestion yang ditampilkan. Kalau salah satu dari suggestion tersebut di klik, maka akan langsung dibawa ke halaman lokasi tersebut. Tetapi biar lebih paham, kita coba jangan klik suggestion-nya, melainkan klik tombol search.

Begitulah kira-kira hasil pencarian “Depok” di koprol.com. Nah, untuk melakukan check in, tinggal klik tombol check in di lokasi yang kita inginkan, seperti yang dilingkari pada gambar di atas. Setelah diklik, maka koprol.com akan menampilkan halaman lokasi Depok, lengkap dengan peta dan prol (istilah tweet/tret/posting-an di koprol.com) dari koprollers yang check in di situ. Serta kita sudah berhasil check in di Depok, bisa dilihat di kanan atas (yang dilingkari).

Lalu?

Selanjutnya, terserah kita mau posting apa saja bebas (tapi tetap sopan ya, jangan menggunakan kata-kata yang dilarang). Bisa kalimat tentang apa saja (mungkin lagi ngapain saat ini, kondisi cuaca, lalu lintas, laporan mengenai kondisi di sekitar tempat tersebut, dan lain-lain).

Bisa juga mengunggah (upload) foto. Ini merupakan salah satu kelebihan koprol.com, bisa mengunggah foto langsung lewat HP, tanpa perlu mencari buka laptop atau mencari PC terdekat yang terkoneksi dengan Internet. Berbeda dengan plurk/twitter (kecuali via third party apps) dan facebook yang masih melalui pos-el.

Kenapa harus check in dulu setiap kali mau posting?

Sebenarnya tidak perlu selalu check in kalau kita masih di lokasi yang sama dengan check in sebelumnya. Kita perlu check in lagi kalau sudah pindah tempat. Kenapa? Berbeda dengan twitter dan plurk yang hanya menampilkan posting-an saja, di koprol selain posting-an juga ditampilkan pula lokasi kita check in. Sehingga dianjurkan lah supaya check in terlebih dahulu.

Apa lagi yang bisa kita ketahui dari setiap halaman profil lokasi di koprol.com?

Banyak hal yang bisa kita ketahui dari masing-masing halaman profil lokasi yang ada di koprol.com. Misalkan saja halaman profil Depok. Kita bisa mengetahui siapa saja yang berada di lokasi tersebut dengan cara melihat prol yang ada dan lihat kapan di-posting-nya. Kalau beberapa menit yang lalu, berarti ada kemungkin koproller tersebut masih berada di lokasi tersebut.

Bisa juga melihat Recent Visitors di lokasi tersebut.

Melihat komentar dari koprollers lain mengenai lokasi-lokasi yang ada di lokasi tersebut juga bisa, klik saja tab Reviews.

Catatan: Search terlebih dahulu lokasi yang ingin di-review, kemudian buka halaman profil lokasi tersebut, dan muncul lah sidebar review ini.

Bahkan tidak hanya melihat review saja, tetapi semua koprollers juga dapat berpartisipasi untuk memberikan komentarnya tentang lokasi-lokasi tersebut, caranya tekan saja tombol thumbs up (I like it) atau thumbs down (I don’t like it) yang kemudian akan muncul form untuk mengisikan komentar dari kita.

Dari hasil review seluruh koprollers, maka didapatlah list top places di lokasi tersebut. Klik tab Top Places untuk mengetahuinya dan akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Sumber: Si-Kodok.co.cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Link Sahabat

  • %d blogger menyukai ini: