Apple Menyodok di Posisi Ketiga Produsen PC Terbesar


PALO ALTO, KOMPAS.com – Posisi iPad dan tablet sejenis masih tarik ulur apakah masuk ke dalam kategori PC (personal computer) atau bukan. Dalam survei terbarunya, firma riset Canalys memasukkan tablet ke dalam pasar PC dunia. Canalys juga mendorong agar vendor komputer menerima kenyataan bahwa tablet menggunakan komponen-komponen yang setara dengan produk PC selama ini.

Untuk menghitung pasar PC, survei tersebut pun menghitung distribusi Samsung Tab, iPad, dan perangkat tablet sejenis. Hasilnya, sepanjang kuartal keempat tahun 2010 lalu, pasar PC mengalami peningkatan 19 persen dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya menjadi 105,8 juta unit.

Dengan memasukkan tablet ke pasar PC, peta persaingan memang sedikit berubah. HP tetap bercokol di puncak dengan distribusi produk sebanyak 18,7 juta unit atau menguasai 17,7 persen pangsa pasar. Disusul Acer dengan 13,6 juta unit atau pangsa pasar 12,8 persen.

“Apple melejit ke posisi ketiga di pasar, berkat penjualan iPad dan Mac yang sangat tinggi, termasuk pertumbuhan yang tinggi di wilayah Asia Pasifik,” demikian laporan Canalys yang dirilis belum lama ini. Total penjualan iPad dan Mac mencapai 11,5 juta atau 10,8 persen pangsa pasar. Pertumbuhan pasarnya paling tinggi hingga 241 persen jauh di atas pertumbuhan rata-rata pasar PC.

Dell turun di posisi keempat dengan 11,4 juta unit, sedikit di bawah Apple, dengan pangsa pasar yang sama sekitar 10,8 persen. Berikutnya Lenovo dengan 9,6 juta unit atau pangsa pasar 9,1 persen. Pangsa pasar produk lainnya masih cukup tinggi yakni 38,8 persen pangsa pasar dengan 41,1 juta unit PC.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Link Sahabat

  • %d blogger menyukai ini: