Google Ubah iPhone Jadi Penerjemah Suara


Aplikasi Google Translate for iPhone dapat menerjemahkan kata atau frasa dalam bentuk suara dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Teknologi mesin penerjemah buatan Google makin canggih saja. Tidak hanya menerjemahkan teks ke dalam berbagai bahasa di dunia, kini mesin tersebut juga dapat menerjemahkan suara dari satu bahasa ke bahasa lain.

Aplikasi penerjemah multibahasa itu sudah tersedia dalam bentuk aplikasi berbasis web untuk komputer desktop sejak bulan lalu. Aplikasi serupa juga sudah tersedia untuk perangkat mobile sehingga lebih praktis digunakan. Google telah menyediakan aplikasi tersebut untuk smartphone berbasis Android.

Tak cuma di Android, hari ini Google pun sudah menyediakan aplikasi penerjemah itu untuk iPhone buatan Apple. Dengan tambahan aplikasi tersebut, iPhone kini bisa menjadi asisten penerjemah pribadi penggunanya.

“Aplikasi terbaru menerima suara dalam 15 bahasa dan, seperti aplikasi berbasis web, Anda dapat menerjemahkan sebuah kata atau frasa ke dalam salah satu dari 50 bahasa,” kata Wenzhang Zhu, insinyur Google, dalam blog resmi perusahaan tersebut, Selasa (8/2/2011). Hasil penerjemahan berupa teks ataupun suara.

Aplikasi bernama Google Translate for iPhone dapat diunduh di iTunes secara cuma-cuma. Aplikasi tersebut menggunakan teknologi yang sama dengan layanan yang sudah lebih dahulu tersedia di perangkat lain.

Sumber: Kompas.com

Satu Tanggapan

  1. […] Posting Teman SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Teknologi mesin penerjemah buatan Google makin canggih saja. Tidak hanya menerjemahkan teks ke dalam berbagai bahasa di dunia, kini mesin tersebut juga dapat menerjemahkan suara dari satu bahasa ke bahasa lain. Aplikasi penerje … Read More […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Link Sahabat

  • %d blogger menyukai ini: